Selasa, 05 Juni 2012

RAHASIA ES KRIM PABRIKAN

    


   
       Pasti setiap orang hobi banget nih yang namanya makan es krim berbagai rasa sob ,khususnya rasa coklat dan strowberry ,beh mantaebbnya. apa lagi sekarang lagi musim panas2nya dunia dan kanyaknya matahari bocor ampe terasa ke ubun2@hadeuahh...deuh ,bisa dibilang tubuh kita secara otomatis pasti kena yang namanya dehidrasi enggak bisa dipungkiri sob, bagaimana lezatnya es krim kalo es yang beginian nemplok dimulut kite???@hadeahh...deuh




      Truz ceritanye ane mau beli es krim tapi rumah ane jauh  nauudzubillah bnget yang namanya ke indomaret jadi ane harus naik motor buat ampe ke sana sob,.and then(ciah english litle) pernahkah difikiran kite-kite buat bikin es krim dirumah aja gitu tapi rasanya tak kalah dengan es krim yang biasa kite beli di indomaret,..mau banget dah lo dah yang bisa..?? . nah untuk itu sebelumnya akan bandingkan apa sih bedanya rasa es krim buatan dipabrikan dengan es krim yang sering kite beli bunyinya begini sob"dung-dung-dung"(ngertikan), kenapa sih bisa rasa es krim dan bentuk teksturnya yang di buat pabrik es krim begitu lembut dan legit ,dibandingkan dengan es dung-dung yang teksturnya begitu kasar,,,apa sih rahasianya kok bisa buat es krim lembut bigetu ??apakah sulit g sih kite ngebuat sendiri yang namanya es krim pas kite age dirumah?? tenang saja sob disini ane akan mengshare sedikit serta  berbagi ilmu yang ane dapet dari teman ane. bagaimana sih cara membuat es krim berbagai rasa buatan sendiri yang tentunya tidak kalah enaknya dengan es krim buatan pabrikan, tidak mau membuang waktu lagi saya akan jelaskan bahannya yang mudah di temukan didapur-dapur kite dan juga pastinya tidak menghabiskan dana yang lagi krisis ini pastinnya.


INI BAHAN DASAR-DASARNYA:

-475 ml  Sahne (cream/kepala susu)
-125 ml  Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
-4  butir telur
-100 ml  gula (lebih bagus lagi kalau feiner Zucker / gula halus)
-1 sendok teh vanilli
kalau Rasa
itu selera Anda (apokat, coklat/Blockschokolade, Erdbeer/strawberry, pisang, etc.).
contoh : 5 buah strawberry

ALAT YANG DIPERLUKAN:

-blender
-freezer / Gefrierfach, Gefriertrühe
-panci kecil
-wadah es krim
-kompor

CARA PEMBUATANNYA:

- Adonan pertama
Strawberry  diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan Sahne dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk (Elektroherd : angka 2). Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.
-Adonan kedua:
Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan pertama.

Semuanya kemudian dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental.

Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas (Kühlschrank) selama 3-4 jam.

Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer (Gefrierfach), ini yang terpenting dan menentukan tekstur rasa dari es krim yang kita buat . jadi, setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disantap.

@SELAMAT BEREKSPERIMEN@

1 komentar:

  1. Gan/sis kalau pakai mesin pembuat es krim itu bisa leih lembut gak ya gan tekstur es krimnya :o Terimakasih infonya, nanti saya coba dirumah :D

    BalasHapus