Rabu, 27 Juni 2012

MENGENAL JAMUR PENCABUT NYAWA



        DI indonesia , kasus keracunan jamur cukup sering terdengar. tingkat keparahannya pun bermacam-macam. ada yang dapat membuat pemakannya sekedar melayang-layang ke "alam lain", tetapi ada pula yang langsung mengirim penyantapnya ke surga atau neraka. jamur psilocybe , misalnya dipercaya hanya memiliki efek halusinogetik yang kalau dimakan atau diisap maka akan mengalami halusinasi ata fly. Namun, tidak sedikit pula jamur yang mengandung racun serius sehingga dapat berakibat fatal bagi penyantapnya.

      Jamur beracun mengandung bermacam-macam senyawa mematikan . senyawa jamur yang disebut supa upas memiliki senyawa kholin. beberapa jamur yang termaksuk supa upas adalah amanita, leopoita, russula, collybia daboletus.



      Senyawa lainnya yang bersifat mematikan adalah mustakarin. bayangkan pada takaran 0,003 sampai 0,005 gram saja, ia sudah dapat membuat orang menyandang gelar almarhum .seperti kholin , senyawa beracun ini  juga terdapat pada semua jenis jamur yang tergolong supa upas . yaitu falin, atropos,dan asam halvelat.merupakan racun lain pada jamur yang bahayanya tidak jauh dengan mustkarin.




      Supaya kita tidak terjebak dengan bahaya racun tentang jamur yang akan di santap ,terutama informasi tentang kandungan racunnya ,menjadi faktor kunci bagi masyarakat penggila makanan berbahan baku jamur. kalau perlu, lakukan riset kecil-kecilan mengenai ada tidaknya isi kandungan senyawa bergelar almarhum ini sebelum memutuskan memakan satu jenis jamur.

berikut ini saya akan mengsharekan tanda -tanda serta beberapa percobaan jamur beracun:

1. pada umumnya ,jamur beracun memiliki warna mencolok, misalnya merah, coklat hijau, dan hitam. namun ada beberapa jenis yang berwarna mencolok (berwarna coklat) tidak beracun. misalnya: jamur shiitake.



2. memiliki senyawa sulfida atau senyawa sianida. kandungan sulfida menyebabkan jamur berbau busuk sehingga jarang dihinggapi serangga atau binatang kecil.

3. jika jamur dikeratdengan menggunakan benda yang terbuat dari bahan perak asli(pisau,sendok garpu). maka permukaan benda tersebut akan timbul warna hitam atau kebiruaan. warna hitam timbul karena ppengaruh ulfida ,sedangkan warna kebiruaanakibat pengaruh sianida.

4. jika jamur dimasak atau di pepes bersama nasi putih , maka nasi akan berubah warna menjadi cokelat, kuning, merah dan hitam


       Di negara -negara skandinavia jamur beracun atau tidak beracun dapat diketahui melalui perantara babi. jika musim berburu jamur tiba , mereka biasanya membawa babi untuk mengindentifikasi antara jamur beracun maupun yang tidak beracun.di indonesia,  untuk mengetahui beracun atau tidaknya jamur yang di temukan dapat ditanyakan pada penduduk setempat. pada umumnya penduduk setempat sudah paham dengan sifat-sifat jamur.

-Sedikit tips yang mungkin berguna buat teman-teman bagaimana membudidayakan jamur tiram ,bisa dilihat : https://www.youtube.com/watch?v=Sy1L8fpeYFA

- Bagi yang suka menikmati kripik jamur tiram gimana sih cara mengolahnya gampang kok caranya bisa dilihat disini: https://www.youtube.com/watch?v=j20ugYUaTiA
referensi video by youtube

terima kasih buat yang ngebaca dan menyimak tulisan ini.semoga bermanfaat ilmunya terus kita bisa membedakan toh jamur yang dapat mengantarkan kita ke AKHIRAT,( ohh my godd!!@lebay) tapi emang benar ada di sekitar kita loh. semoga tulisan ini dapat berguna bagi para pembaca khususnya untuk yang suka jamur pastinya.@he...he,,he salam bloger.....

2 komentar:

  1. DOn mayan jga nih postingannya buat baca2...
    lanjutkan bro berblog rianya... hehe

    BalasHapus
  2. YOoo thanks y mase..saya jg perlu blajar bnyak dr masternya nih??..@he,,he,,he

    BalasHapus